Suwato Komala, Pencipta Animasi Matematika di Indonesia
Stevani Elisabeth | Sabtu, 14 Juli 2012 - 12:46 WIB
: 1135


(dok/ist)
Matematika, pelajaran ini sering menjadi momok bagi sebagian siswa.

Ibarat monster, mata pelajaran ini cukup menakutkan mereka. Apalagi jika guru yang mengajarnya terkenal “killer”.

Rasa takut dengan matematika tak jarang membuat siswa tidak suka dengan mata pelajaran ini. Dasarnya tidak suka maka mereka sulit memahaminya. Hasilnya, tidak sedikit siswa yang mendapatkan nilai jelek untuk mata pelajaran matematika.

Suwato Komala, pencipta animasi matematika di Indonesia mengatakan, matematika sebetulnya merupakan pelajaran yang sangat menyenangkan. Dasarnya, anak diajak untuk mengenal dan mencintai matematika.

Dengan mengenal lebih dalam, akan timbul rasa suka terhadap mata pelajaran tersebut. Rasa suka membuat mereka tertarik untuk mempelajarinya, sehingga akhirnya muncul rasa cinta terhadap matematika.

Membuat anak tertarik terhadap matematika kuncinya terletak pada guru. Guru hendaknya memiliki kreativitas dalam mengajar dalam arti mereka harus bisa mengeksplorasi apa yang ada di silabus.

Pengalamannya selama 30 tahun mengajar, banyak yang dia saksikan terkait dengan proses belajar dan mengajar matematika, baik terhadap siswa, guru maupun orang tua. “Sering kali permasalahan yang dihadapi adalah semangat dan minat belajar siswa, pendekatan yang diambil guru dan orang tua,” ujarnya.

Menurutnya, siswa akan mudah menyukai pelajaran apa pun, asalkan guru dapat menyampaikan materi tersebut dengan baik dan menyenangkan. Pria kelahiran Jakarta 27 April 1956 ini memang sejak duduk di bangku sekolah dasar sudah menyukai mata pelajaran matematika.

Sayangnya ketika di SMA, dia menghadapi kendala karena guru matematikanya tidak menyenangkan dalam mengajar. Hal ini membuatnya hampir frustrasi. Akhirnya, dia memilih belajar matematika sendiri.

“Khusus untuk matematika, kuncinya terletak dari cara guru menyampaikan materi tersebut di kelas. Kalau gurunya kurang kreatif dalam menyampaikan materi, susah bagi siswa untuk mengerti matematika. Celakanya lagi kalau sang guru tidak menguasai,” kata dosen matematika dasar di Universitas Budi Luhur dan pengajar matematika di SMK Pariwisata Rex Mundi ini.

Interaktif

Animasi matematika merupakan salah satu peranti lunak (software) yang mengombinasikan pendekatan model pembelajaran yang berfokus pada siswa dalam lingkungan pembelajaran interaktif dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi.

Dia menjelaskan, animasi matematika menyinergikan media dalam bentuk teks, gambar, animasi, grafik, dan narasi yang membangun interaktivitas dalam membantu siswa memahami konsep-konsep matematika dengan cara-cara yang seru dan menyenangkan.

Menurutnya, dalam animasi matematika ini, menampung lebih dari ribuan contoh soal berikut pembahasannya sebagai referensi siswa, sehingga dapat mendorong kemampuan belajar mandiri dan menciptakan efisiensi waktu penguasaan materi. Selain itu, peranti lunak ini juga mampu melakukan penilaian atas hasil kerja siswa.

“Guru maupun orang tua dapat melihat langsung perkembangan siswa secara berkesinambungan,” ujarnya. Tujuan akhirnya adalah mendorong semangat, meningkatkan minat serta menghasilkan prestasi siswa dalam mata pelajaran matematika.

Bukan hanya untuk siswa, animasi matematika juga bermanfaat bagi guru matematika. Animasi ini dapat membantu guru dalam mempersiapkan dan menyajikan materi pembelajaran, selain itu membantu guru lebih kreatif dan efisien dalam menyampaikan materi.

Animasi matematika ciptaan Suwato dapat diterapkan mulai dari pelajar SD sampai dengan SMA ataupun SMK. Animasi tersebut mengacu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006. Peranti lunak ini di-update secara berkala, terutama memberikan free update soal-soal UN beberapa tahun terakhir dan yang terbaru serta menyajikan pembahasan dalam menyelesaikan soal-soal tersebut.

Peranti lunak tersebut telah digunakan di beberapa sekolah termasuk sekolah-sekolah unggulan, sebutlah SMA Labschool, SMAK Penabur, SMA 8, MAN 4 Model Jakarta, SMA Gonzaga, SMA St Theresia, SMA Al-Azhar, SMPN 1, SMP Marsudirini, dan SMP Labschool.

Selain membuat animasi matematika, Suwato juga sejak 1997 membuat peranti lunak fisika dan kimia. Dia juga pernah membuat peranti lunak animasi Navigasi Darat untuk Secapa Angkatan Darat (1996-1997).

Terpanggil untuk Mencipta Animasi

Pada 1996-1997, dia pernah mengetes 304 guru matematika. Selama sebulan guru-guru tersebut dites baik secara tertulis maupun praktik mengajar di kelas. Soal-soal yang diberikan merupakan soal matematika dari Skalu. Hasil dari tes pertama menunjukkan bahwa hanya separuh guru matematika yang lulus tes tersebut dan mendapat nilai 7.

Mereka yang lulus tes tahap pertama, mengikuti tes kembali untuk mengajar matematika di kelas selama 30-40 menit. “Dalam tes ini tidak ada yang lulus,” ujarnya.

Suwato yang pernah mengajar matematika dan fisika di SMAK Kanaan ini pun terpanggil untuk menerapkan pola belajar dan mengajar matematika yang menyenangkan baik bagi siswa maupun guru.

Pengalaman dan panggilan itu juga yang membuat dia kemudian menciptakan animasi matematika. Animasi yang menarik perhatian publik di Indonesia untuk menerapkan ilmu berhitung yang kerap menjadi momok bagi sebagian pelajar ini.

Sumber : Sinar Harapan

@ SHNEWS.CO :


BERITA TERKAIT



0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Jenis Kelamin : L P
Email :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

Editor Choice

, 00 0000 00:00:00 WIB

, 24 April 2014 00:00:00 WIB

Liverpool Bakal Belanja Besar